Sekilas FKIP

Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, berdiri sejak 30 April 2019, Status kelembagaan Program studi dibawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI). Dengan Badan Penyelenggara Yayasan Kebangsaan Bireuen Aceh (yang berdiri tanggal 12 Muharram 1428 H/31 Januari 2007 M, melalui Akte Notaris Tri Yuliza, SH No: 89/2007 dan telah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor: AHU-1684.AH.01.02 tertanggal 25 April 2008).

  • Program S1 Pendidikan Jasmani memiliki 3 (tiga) Bidang Konsentrasi atau Peminatan, yakni 1). Tenaga Pendidik Pendidikan Jasmani, 2). Widyaswara Pendidikan Jasmani pada Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, dan 3).Pelatih olahraga. Kurikulum disusun sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 dan Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kurikulum memuat mata kuliah/ modul/ blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam  keahlian sesuai  dengan minatnya, serta mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Dengan mempertimbangkan otonomi dalam bidang pendidikan yang berlaku di Provinsi Aceh, maka Program Studi Pendidikan Jasmani UNIKI memiliki ciri khusus, dengan adanya kandungan dan unsur islami dalam kurikulum dan pembelajaran yang berlangsung di Program Studi Pendidikan Jasmani UNIKI. Dengan jumlah mahasiswa aktif pada tahun pertama (tahun akademik 2019/2020) sejumlah 34 mahasiswa, yang dibina sejumlah 8 dosen tetap program studi, dan 2 dosen tamu dan tidak tetap.

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Islam Kebangsaan Indonesia adalah:

  1. Tenaga Pendidik Pendidikan Jasmani pada Sekolah Dasar dan Menengah
  2. Widyaswara Pendidikan Jasmani pada Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah
  3. Peneliti Pendidikan Jasmani pada Tingkat Sekolah Dasar dan menengah
  4. Sebagai Pelatih olahraga, dan
  5. Mengembangkan Entreprenuership di bidang olahraga jasmani.

Sehingga kompetensi program studi, adalah :

  1. Aspek Sikap; lulusan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religiusm serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  2. Aspek Pengetahuan; lulusan memiliki pengetahuan penyelenggaraan pembelajaran pendidikan jasmani di tingkat SD, SMP dan SMA/SMK sederajat dengan penguasaan IPTEK pendidikan dan olahraga, mampu berimprovisasi yang inovatif dan terampil dalam pengembangan strategi pembelajaran pendidikan jasmani, dan memiliki kemampuan memberikan pendidikan dan pelatihan pendidikan jasmani menggunakan pendekatan IPTEKS dan strategi inovatif yang memiliki moral dan karakter serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan nasionalisme.
  3. Aspek Keterampilan; lulusan mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; serta mampu  melakukan  analisis  terhadap  berbagai alternatif pemecahan masalah pendidikan jasmani dan menyajikan simpulannya sebagai dasar pengambilan keputusan, dengan penguasaan teknologi  informasi  dan  komunikasi  untuk  mendukung pembelajaran pendidikan jasmani.